Apakah Berhijab Bisa Menjadi Pramugari

Apakah Berhijab Bisa Menjadi Pramugari

Apakah Berhijab Bisa Menjadi Pramugari

Pramugari adalah salah satu jenis pekerjaan yang diidam-idamkan oleh banyak kaum wanita. Pramugari terkenal akan gajinya yang cukup besar, penampilan menarik, kerjanya yang nyaman, serta berkesempatan untuk bepergian jauh bahkan lintas negara. Profesi ini juga semakin banyak dibutuhkan oleh berbagai maskapai penerbangan, mengingat pertumbuhan industri aviasi yang makin hari semakin pesat. Namun sayangnya, kebanyakan maskapai tidak memperbolehkan pramugarinya untuk menggunakan hijab. Stereotipe inilah yang kemudian berkembang di masyarakat dan menimbulkan banyak pertanyaan tentang apakah berhijab bisa menjadi pramugari ? Namun saat ini jawabannya adalah ya, tentu bisa. Dengan catatan, memilih maskapai penerbangan yang memperbolehkan pramugarinya berhijab.

Maskapai Mana Saja yang Memperbolehkan Pramugarinya Berhijab

Meskipun mayoritas maskapai penerbangan di dunia melarang penggunaan hijab pada pramugarinya, tidak begitu dengan Indonesia. Sebagai negara dengan mayoritas penduduknya memeluk agama islam, maka menggunakan hijab bukanlah masalah, justru sesuai dengan kebiasaan yang berlaku. Hal ini juga berlaku di beberapa maskapai penerbangan, sehingga para wanita muslim yang berhijab bisa tetap berhijab walaupun bekerja sebagai pramugari.

  1. Air Asia

Maskapai penerbangan internasional yang bermarkas di Kuala Lumpur, Malaysia ini adalah salah satu maskapai penerbangan yang memperbolehkan pramugarinya berhijab. Wajar saja, mengingat Air Asia banyak melayani rute penerbangan di Malaysia dan Indonesia yang mayoritas muslim, sehingga berhijab bukanlah suatu hal yang aneh. Tidak main-main, bahkan jilbabnya pun didesain oleh Naelofar Hijab, salah satu brand hijab kenamaan asal Malaysia. Sehingga, penampilan pramugari tetap terjaga dan totalitas dalam pekerjaannya.

  1. Garuda Indonesia

Maskapai milik pemerintah Indonesia ini termasuk salah satu maskapai penerbangan yang memberikan jawaban ya atas pertanyaan apakah berhijab bisa menjadi pramugari. Maskapai dengan warna seragam pramugari biru, tosca, dan juga hijau ini memperbolehkan pramugarinya untuk menggunakan hijab. Penggunaan hijab ini juga terutama pada pelaksanaan ibadah haji, yang mana maskapai inilah yang menerbangkan jamaah haji ke tanah suci.

  1. NAM Air

Sister company dari maskapai penerbangan Sriwijaya Air ini beroperasi sejak tahun 2013, dan pada tahun itu pula pramugari dari maskapai penerbangan ini boleh menggunakan hijab. Jumlah pramugari yang berhijab pun cukup banyak, sekitar 30 persen dari jumlah total keseluruhan pramugari. Komposisi pada pesawat pun biasanya ada 4 pramugari dan salah satunya berhijab. Bolehnya penggunaan hijab pada maskapai ini didasari karena dengan menggunakan hijab pun tidak menghalangi gerak dari pramugari, sehingga tidak mengurangi unsur safety. Justru, dengan menggunakan celana seperti pada pramugari berhijab akan mempercepat gerak dari pramugari, sehingga aktivitasnya dan geraknya semakin leluasa.

  1. Lion Air

Maskapai penerbangan yang mulai beroperasi pada tahun 2000 ini juga memperbolehkan pramugarinya untuk menggunakan hijab. Maskapai dengan seragam pramugari yang khas berwarna dasar merah gelap ini mempergunakan bawahan berupa celana untuk pramugarinya yang menggunakan hijab. Penggunaan bawahan berupa celana dimaksudkan supaya tidak mengurangi gerak dari pramugari, sehingga unsur keamanan dari pramugari tidak akan terkurangi porsinya.

INFO  Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Single

Dengan adanya maskapai-maskapai penerbangan yang memperbolehkan pramugarinya menggunakan hijab, maka stereotipe bahwa wanita berhijab tidak boleh menjadi pramugari seharusnya hilang. Begitu pula dengan pertanyaan apakah berhijab bisa menjadi pramugari ? jawabannya sudah pasti bisa. Hal tersebut dikarenakan penggunaan hijab tidak bertentangan dengan norma, justru mendapatkan respon baik dari penumpang. Begitu pula dengan unsur keamanan, menggunakan hijab sama sekali tidak mengganggu pergerakan dari sang pramugari.

Berita Terkait:

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp