Tugas AVSEC (Aviation Security) di Bandara Penerbangan

Tugas AVSEC Bandara

Tugas AVSEC Bandara

TUGAS AVSEC BANDARA

Tugas AVSEC Bandara, Banyak yang berpikir kalau Petugas AVSEC (Aviation Security) itu sama seperti petugas keamanan seprti satpam, security di mall, ataupun security di bank. Padahal anggapan tersebut sangatlah salah, Karena AVSEC sangat berbeda dengan petugas keamanan yang lain.

Lalu Apakah Yang Membedankan AVSEC Dengan Security Yang Lain?

Personil AVSEC (Aviation Security) memiliki tugas utama yaitu menjamin keselamatan setiap penumpang baik di darat maupun di udara, dengan tetap memperhatikan aturan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Maskipun saat ini masih banyak sekali pengguna jasa penerbangan yang belum memahami betul tentang aturan yang harus di patuhi selama dalam area bandara, sehingga tidak sedikit pula timpu kesalah pahaman yang menimbulkan penghinaan bahkan pemukulan yang dilakukan oleh penumbang kepada para personil AVSEC di Bandara.


Personil AVSEC Bukan Security Biasa

Kenapa AVSEC Berbeda? Karena untuk menjalankan tugasnya petugas AVSEC juga memiliki pedoman yang terdapat pada regulasi penerbangan, baik nasional maupun internasional di bawah naungan ICAO (International Civil Aviation Organisation) yang merupakan organisasi sipil di bawah PBB.

Untuk ICAO sendiri mempunyai aturan-aturan penerbangan yang disebut dengan ANNEX, Aturan keamanan penerbangan yang terdapat di Annex 17 Security – Safeguarding Internasional Civil Aviation Against Acts Of Unlawful Interference.

Tempat Pendidikan AVSEC Berlisensi Resmi

Tempat Pendidikan AVSEC Berlisensi Resmi

Jadi setiap negara yang menjadi anggota ICAO harus mematuhi aturan yang dibuat oleh ICAO tersebut, Kalau aturan nasional mulai dari Undang-undang sampai Peraturan Dirjen Perhubungan Udara.

Gimana? Sudah Terbuktikan Kalau AVSEC Sangat Berbeda Dengan Security Yang Lain.


Peralatan Yang di Butuhkan AVSEC Bandara

Selain hal-hal di atas, Personil Keamanan Penerbangan (AVSEC) Juga membutuhkan peralatan dalam melaksanakan tugasnya, Fasilitas keamanan penerbangna tersebut terdiri dari:

  1. Alat Pendeteksi Bahan Peledak
  2. Alat Pendeteksi Bahan Organik dan Non Organik
  3. Alat Pendeteksi Metal
  4. Alat Pendeteksi Bahan Nuklir, Biologi, Kimia Serta Radioaktif
  5. Alat Pemantau Lalu Lintas Orang, Kargo, Pos, Kendaraan, Ataupun Pesawat Udara di Bandara
  6. Alat Pusat Penanggulangan Keadaan Darurat (Emergency Operation Center)
  7. Kendaraan Patroli Keamanan Penerbangan
  8. Alat Pengendalian Jalan Masuk (Acces Control)
  9. Alat Pendeteksi Penyusup Pagar Perimeter (Perimeter Instruction Detection System)
  10. Alat Komunikasi Personel Keamanan

Giaman? Cukup banyak bukan peralatan yang digunakan, Untuk jumlah serta jenis peralatan security yang digunakan di setiap bandara, disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan bandara itu sendiri.

Paling sedikit di setiap Tempat Pemeriksaan Keamanan pada suatu bandara harus memilki Mesin X-Ray, Gawang Detector Logam (Walk Through Metal Detector/WTMD) dan Detector Logam Genggam (Hand Held Metal Detector/HHMD).

Jadi peralatan keamanan di Bandara Soekarno-Hatta, jumlah dan jenisnya tidak sama dengan di Bandara Fatmawati Soekarno. Bedanya kategori atau kelas dari tiap-tiap bandara.

Hal-hal lain yang juga berpengaruh, seperti jumlah pergerakan-pergerakan pesawat perhari, jumlah penumpang perhari, dll. Kesimpulannya AVSEC itu harus memiliki Kompetensi (Skill, Attitude dan Knowledge), guna melaksanakan tanggung jawab pengamanan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan penerbangan.


Tugas AVSEC (Aviation Security) di Bandara

Dalam memberikan jasa pelayanan pada saat proses keberangkatan, penumpang melakukan check in dan sudah memasuki check-in area. Sebelum memasuki ruang tunggu keberangkatan (boarding lounge) di Bandara akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas keamanan Bandara yaitu AVSEC (Aviation Security).

Pemeriksaan dilakukan menggunakan penanganan standar sesuai dengan prosedur yang sudah ada dan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara yaitu PT. Angkasa Pura II, Barang yang telah diperiksa diberi tanda (label) security check oleh petugas keamanan bandara.

Tempat Pendidikan AVSEC Berlisensi Resmi

Tempat Pendidikan AVSEC Berlisensi Resmi

Petugas keamanan Bandara harus memeriksa setiap barang atau bagasi yang masuk dalam area check in maupun barang atau bagasi yang keluar atau yang masuk.

Fasilitas Pemeriksaan yang tersedia seperti, X Ray Baggage, Metal Detector , Walktrorugh dan lainnya yang masih tersedia di Bandara untuk pengamanan.

Pemeriksaan akan berlanjut apabila pada ketiga benda pemeriksaan tersebut terus berbuyi sedangkan semua peralatan baik perhiasan sudah dilepas, penumpang akan dibawa keruangan khusus yang disediakan oleh pihak bandara untuk pemeriksaan lebih lanjut atau yang lebih kita kenal dengan body check.


Menjadi AVSEC Wajib Memiliki Lesinsi

Personil Keamanan Penerbangan Atau di Sebut AVSEC Adalah Personil yang telah memiliki Lisensi yang diberi tugas dan tanggung jawab di bidang keamanan penerbangan.

Didalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP/2765/XII/2010 Bab I butir 9, Bahwa Personil Keamanan Penerbangan itu WAJIB memilki Lisensi atau Surat Tanda Kecakapan Petugas (STKP) dalam melaksanakan tugasnya.

Dalam Lisensi tersebut dijelaskan kewenangan Petugas Keamanan Penerbangan (AVSEC) dan jika sudah memiliki Lisensi maka sudah dinyatakan memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugas pengamanan penerbangan oleh Direktur Jendral Perhubungan Udara.


Cara Mendapatkan Lisensi AVSEC Bandara

Untuk mendapatkan Lisensi AVSEC itu harus mengikuti Pelatihan dan Pendidikan Khusu AVSEC Bandara, dan yang menyelenggarakan diklat harus mendapat persetujuan dari Direktur Jendral Perhubungan Udara. Jenis diklat tersebut ada 2, yaitu :
  1. Pendidikan dan pelatihan dasar bagi personel keamanan, meliputi:
    • Basic aviation security (basic avsec)
    • Junior aviation security (junior avsec)
    • Senior aviation security (senior avsec)

  2. Pendidikan dan pelatihan lanjutan bagi personel keamanan,antara lain:
    • Avsec management
    • Crisis management
    • Quality control
    • Instructor
    • Risk management
    • Inspector/ auditor
    • Negotiation
    • Human factor
    • Investigator
    • Profilling

Syarat Menjadi AVSEC Bandara

  1. Setiap Calon Siswa Yang Mendaftar Wajib MengisiĀ Formulir Pendaftaran OnlineĀ Disini.!!
  2. Pria / Wanita
  3. Lulusan SMA / SMK / Sederajat
  4. Usia Minimum 17 Tahun
  5. Tinggi Putri Minimum 157 Cm
  6. Tinggi Putra Minimum 165 Cm
  7. Sehat Jasmani & Rohani
  8. Tidak Dalam Keadaan Hamil
  9. Bebas Dari Narkoba

Selain Persyaratan di Atas Untuk Menjadi Personel AVSEC Anda Juga Harus Mengikuti Pendidikan di PSPP Penerbangan Untuk Mendapatkan Lisensi / STKP Yang di Butuhkan Pada Saat Mendaftar AVSEC di Bandara.


Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi

Sekolah PSPP Penerbangan Merupakan Lembaga Pendidikan AVSEC Yang Sudah Mendapatkan Izin Resmi Dari Direktorat Jenderal Puguhubungan Udara Republik Indonesia.

Tempat Pendidikan AVSEC Berlisensi Resmi

Tempat Pendidikan AVSEC Berlisensi Resmi

Selain Sudah Mendapatkan Izin PSPP Juga Merupakan Sekolah AVSEC Terbaik di Indonesia Terbukti Dengan Predikat akreditasi-A Dari Lembaga Pelatihan Kerja Dengan Nomor Surat No.398/LA/LPK/XII/2013.


Sekian Informasi Seputar Tugas AVSEC (Aviation Security) di Bandara Penerbangan, Semoga Bisa Menambah Mawasan Anda Tentang AVSEC Bandara, Sekian &Terimakasih..

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.