Tips Seleksi Pramugari Emirates Airlines dan Qatar Airways

Tips Seleksi Pramugari Emirates Airlines

Tips Seleksi Pramugari Emirates Airlines

TIPS SELEKSI PRAMUGARI EMIRATES AIRLINES

Tips Seleksi Pramugari Emirates Airlines dan Qatar Airways, Untuk menjadi pramugari tidaklah semudah membalikan telapak tangan, Bisa kita lihat jika ada lowongan pramugari maka ratusan pendaftar akan penuh sesah disana untuk saling bersaing agar di terima sebagai pramugari yang mereka impikan sejak lama.

Untuk itulah anda sebagai calon pelamar pramugari harus mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes seleksi calon pramugari yang di adakah oleh pihak maskapai penerbangan, Dengan mempersiapkan diri anda terlebih dahulu setidaknya anda terlah berusaha untuk mengurangi resiko anda gagal.

Berikut ini adalah tips yang akan adminberikan berdasarkan pengalaman yang sudah di jalani oleh beberapa narasumber, yang mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi untuk mepersiapkan diri anda.

1. Penampilan

Syarat dari maskapai sendiri adalah formal look,  jadi kalian bisa menyesuaikan penampilan yang membuat kalian nyaman. Tips untuk para ladies yaitu, jika memakai rok jangan terlalu mini, lebih baik lagi jika rok menutupi lutut sedikit, gunakan blouse yang memiliki lengan (pendek/panjang), hindari blouse kutung atau tanpa lengan. Boleh juga menggunakan fit blazer.

Gunakanlah MakeUp senatural mungkin, jangan sapai anda terlihat menor dan sexy karena itu akan mejadikan anda terjun ke jurang kegagalan, karena pramugari bukanlah ajang foto model jadi tidak perlu bermakeup berlebiha.

Untuk laki-laki penampilan formal rapi adalah wajib. gunakan kemeja dan dasi yang senada. Tambahan jas/blazer sangat disarankan, dan pastikan sepatu bersih dan terlihat mengkilat untuk menampilkan kesan bersih, rapi dan professional.


2. Dokumen

Dokumen yang di bawa pada hari open day biasanya hanya berupa ijazah pendidikan terakhir, fotocopy passport, biodata diri atau curiculum vitae (cv), dan foto. Tips: CV sebaiknya tidak terlalu panjang, usahakan maksimal hanya 1 lembar, dikarenakan banyaknya peserta yang hadir sehingga recruiter tidak sempat membaca seluruhnya bila terlalu panjang.

Pastikan kamu memasukkan semua hal-hal penting yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai pramugari/a (contoh: pernah bekerja menjadi customer service, dll), serta pendidikan yang telah kamu jalani.

Informasi Pendaftaran Pramugari Indonesia

Foto yang dilampirkan sebaiknya menggunakan pakaian formal dengan make-up dan rambut yang sama saat kamu mengikuti test yaitu rapi dan professional, background untuk beberapa perusahaan ada yang putih, namun ada juga yang biru.


3. Open Day dan Invitation Only

Venue yang Ber-lokasi hanya di Jakarta ternyata tidak menyurutkan semangat teman-teman dari seluruh indonesia untuk datang khusus demi mengikuti recruitment tersebut. Pada saat itu merupakan Open Day (OD). yaitu hari dimana semua orang yang memenuhi kriteria untuk menjadi awak kabin perusahaan tersebut boleh datang dengan membawa dokumen yang telah disebutkan untuk mengikuti seleksi.

Open Day dimulai dari pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore, peserta boleh datang kapan saja diantara jam tersebut.

Sedangkan invitation only merupakan hari dimana peserta harus melakukan Apply online terlebih dahulu dan mendapatkan balasan undangan untuk bisa hadir (biasanya melalui e-mail). dalam email tersebut mereka akan menginformasikan waktu dan tempat untuk penyelenggaraan test.


4. Arrive Before the Time atau Datang Sebelum Acara Dimulai

sangat membantu untuk tetap tenang, menghilangkan grogi yang berlebih dan ber-adaptasi dengan lingkungan sekitar. Saya sendiri datang 30 menit lebih awal untuk menenangkan diri sehingga membantu menghilangkan grogi yang berlebihan.

Jangan lupa berbaur dengan peserta lain untuk menambah teman serta mendapatkan ilmu baru. karena tidak sedikit yang telah berpengalaman mengikuti tes tersebut hingga berkali-kali dan lolos sampai tahap yang cukup sulit.


5. Drop CV

Penyerahan CV kepada tim recruitment dilakukan satu persatu secara bergantian. First impression sangat penting pada saat tersebut, selalu tersenyum, tunjukkan keramah-tamahanmu dengan menyapa tim recruiter sebelum sesi dimulai (contoh: good morning, how are you, etc).

yang perlu diingat, semua proses dilakukan dalam bahasa inggis. Jadi sangat penting untuk terus melatih bahasa inggris kamu dirumah sebelum mengikuti tes. Untuk alasan keselamatan penerbangan, kamu dituntut harus mampu mencapai 212 cm tanpa menggunakan sepatu. kamu boleh menjinjit untuk mencapai point tersebut. Kembali saya sarankan, berlatihlah dirumah untuk memastikan kamu mampu mencapainya.


6. Group Discussion

Peserta yang lolos akan dibagi menjadi beberapa tim. pada tahap ini setiap tim akan diberikan topik permasalahan yang harus didiskusikan. lalu dipresentasikan pada seluruh tim lain dari hasil diskusi yang telah kamu lakukan. yang perlu diingat inti dari group diskusi adalah bagaimana cara kamu berkomunikasi dan bekerja sama sebagai tim.


7. English Test

Lolos dari tahap diskusi grup, maka peserta akan melaju ke tahap tes bahasa inggris. Soal terdiri dari pilihan ganda dan beberapa maskapai kadang menambah essay dalam daftar soal. Berdasarkan pengalaman, isi soal menguji kemampuan grammar, reading, sinonim, writing, serta mengetahui arti dari kata yang di ujikan.


8. Final Interview

pertanyaan yang diberikan tidaklah sulit, yang perlu diperhatikan selain jawaban yang kamu berikan adalah eye contact, gesture atau bahasa tubuh, selalu tersenyum , dan jadilah diri sendiri.

jangan lupa ucapkan magic words seperti terima kasih, permisi, maaf, apabila kamu melakukan kesalahan. datanglah 30 menit lebih awal dari jadwal interview kamu untuk menghilangkan grogi dan menunjukkan antusiasmu bergabung dalam perusahaan ini.


Informasi Pendaftaran Pramugari Indonesia

Sekian Informasi Tentang Tips Seleksi Pramugari Emirates Airlines dan Qatar Airways Semoga Bermanfaat & Terimakasih…


Artikel Terkait

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.