Tahapan Tes Seleksi Pramugari yang Wajib Anda Tahu

Tahapan Tes Seleksi Pramugari yang Wajib Anda Tahu

Tahapan Tes Seleksi Pramugari yang Wajib Anda Tahu

Tahapan tes seleksi pramugari apa saja yang harus dilakukan saat ingin jadi pramugari? Untuk mengetahui informasi lebih lanjut silahkan simak artikel berikut ini.

Profesi menjadi seorang kru kabin yaitu pramugari atau pramugara merupakan salah satu yang banyak diminati dalam industri penerbangan. Selain karena selalu terlihat cantik dan juga tampan dalam penerbangan, pendapatan dan peluang jalan-jalannya pun turut menjadi daya tarik tersendiri.

Selain kerja Anda juga bisa menikmati jalan-jalan ditengah sibuknya bekerja. Lalu Tahapan Seleksi Pramugari apa saja yang harus Anda lewati agar dapat menjadi seorang Pramugari? Simak ulasan berikut ini :

6 Tahapan Tes Seleksi Pramugari

  • Pengukuran Tinggi Dan Berat Badan

Disini kalian akan diukur tinggi dan juga ditimbang berat badannya harus proporsional. Tinggi minimal di maskapai yaitu sekitar 158cm. Cara mengukur proporsional badan Anda adalah tinggi badan dikurangi 110, maka hasilnya adalah berat badan kalian, sebagai contoh tinggi 160 cm maka idealnya berat badan Anda harus 50 kg <160 – 110 = 50 kg.

  • Tes Performance atau Penampilan

Setelah pengukuran tinggi dan berat badan Anda, persiapkan diri Anda untuk berdandan, dan merapikan rambut serta pakaian. Pokoknya penampilan Anda benar – benar akan dinilai disini. Selain kecantikan yang Anda miliki, attitude Anda juga sangat dinilai disini. Kuncinya yaitu Anda harus optimis dan jangan berhenti untuk tersenyum. Memperkenalkan Diri ( perkenalkan diri Anda sebaik mungkin, dan jangan terlalu singkat ataupun bertele-tele)

Pemeriksaan Fisik (penampilan dari ujung kepala hingga ujung kaki akan diperiksa, mulai dari kebersihan, bertato atau tidak, keseimbangan tubuh, postur tubuh, wajah, rambut, mata, hidung, bibir, telinga, gigi, pundak, tangan, jari dan kuku tangan, kaki, jari dan kuku kaki hingga kulit). Penilaian Attitude (senyum dan sapaan, cara berbicara, grooming,, cara berjalan, hingga cara Anda berdiri)

  • Interview

Pada hari kedua, tahapannya yaitu Interview. Kuncinya adalah masih sama, yaitu optimis dan selalu tersenyum serta tenang. Anda bisa diinterview menggunakan dua bahasa yakni bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Untuk setiap peserta akan mendapatkan user yang berbeda jadinya pertanyaan tiap orang pun akan berbeda beda. Berikut ini yang bisa jadi akan di ditanya pada saat wawancara :

  • Latar Belakang Keluarga dan juga Pendidikan
  • Pengalaman Kerja Anda
  • Pengetahuan Umum dan Penerbangan
  • Pengetahuan Pramugari dan tugas-tugasnya
  • Pengetahuan Perusahaan atau Maskapai
  • Menceritakan awal mula cita-cita menjadi seorang pramugari
  • Ditanya pilihan maskapai dan kesiapan diri Anda
  • Kelebihan dan Kelemahan Anda
  • Cara Mengatasi Masalah dan Inisiatif
  • Praktek Menjadi Seorang Pramugari (saat penumpang marah dan menghadapi anak kecil yg bandel)
INFO  Tahapan Seleksi Pramugari Yang Penting Untuk Anda Ketahui

 

  • Psikotest

Di hari yang ketiga adalah tahapan psikotest. Tipsnya yaitu sebelumnya Anda harus istirahat yg cukup, serta latihan psikotest, dan juga wajib sarapan untuk menambah vitamin. Kenapa, soalnya psikotest itu akan berlangsung selama berjam jam, menguras pikiran jadi Anda harus konsentrasi penuh saat mengerjakannya. Psikotestnya lengkap, usahakan Anda harus mendengarkan secara baik-baik setiap instruksi yang akan disampaikan, manage waktu dengan sebaik mungkin.

  • English Test

English Test ini terbagi menjadi dua bagian. Yang pertama yaitu Inggris tertulis lalu kemudian lisan (interview ini full English). Saran untuk Anda yg merasa masih kurang dalam bahasa Inggrisnya, banyak belajar atau bisa juga ikut les. Bahasa Inggris itu sangat penting untuk Anda yang pengin menjadi seorang pramugari.

  • WRITTEN TEST ( yaitu mengerjakan 50 soal pilihan ganda)
  • ORAL TEST ( seputar diri dan juga passion to be FA)

 

  • Medical Test

Disini, Anda akan diperiksa tinggi dan juga berat badan, mata, buta warna, pemeriksaan fisik ( seperti mata, hidung, gigi, kelenjar, telinga, perut, tulang punggung, getaran tangan dan kaki serta lutut), pernafasan, wawancara dengan dokter, darah dan juga urine. Setelah selesai Anda akan diberikan jadwal untuk medical test (medex) yaitu di Balai Kesehatan Penerbangan.

Medex final ini adalah tahapan terakhir dari semua proses tahap rekrutmen. Jika hasilnya fit, Anda tinggal tanda tangan kontrak dengan perusahaannya. Tetapi jika hasilnya recheck, Anda akan diberikan kesempatan untuk test ulang kembali, dan jika hasilnya unfit, maka Anda akan dinyatakan gugur menjadi seorang pramugari.

Itulah tadi tentang tahapan tes seleksi pramugari, dan bagi Anda yang berniat untuk sekolah menjadi pramugari anda bisa membaca informasi lebih lanjut di FAAST Penerbangan.

 

Berita Terkait:

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp