Tahapan Tes Pramugari

Tahapan Tes Pramugari

Tahapan Tes Pramugari

TAHAPAN TES PRAMUGARI

Yuuk Simaaakk Apa saja Tahapan Tahapan Tes Pramugari? Menjadi pramugari kerap adalah pekerjaan impian dari para wanita. Bayangan akan bekerja di dalam pesawat dan kesempatan jalan-jalan gratis keliling Indonesia bahkan dunia tentu terasa sangat menyenangkan.

Namun sebelum bisa bertugas sebagai awak kabin pesawat, tentunya ada tahap-tahap yang harus dilalui terlebih dahulu. Proses rekrutmen tenaga kerja awak kabin pesawat sendiri dilakukan melalui serangkaian tahapan. Kita harus melewati semua tahapan ini sebelum dapat secara resmi dinyatakan sebagai awak kabin dari satu maskapai penerbangan tertentu.

Setidaknya ada tujuh tahapan untuk bisa menjadi pramugari, mulai dari pemberkasan hingga medical check up. Seperti apa ketujuh tahapan tersebut?

Berikut Adalah Penjelasannya….

Tahap Awal

Proses rekrutmen pramugari ialah background check atau pemberkasan. Kita harus menyiapkan aneka berkas seperti yang dicantumkan dalam website resmi maskapai penerbangan. Cukup banyak memang berkas yang harus disiapkan. Berkas yang tidak lengkap tidak akan dapat lolos ke tahap berikutnya.

Tahap Kedua Ialah Tinggi Badan / Berat Badan

Tahap ini terbilang sederhana di mana pelamar akan disuruh berbaris dan dipanggil sesuai urutan berkas. Tinggi badan serta berat badan pelamar akan diukur kembali agar sesuai batas minimal yang disyaratkan. Tinggi bada minimal ialah 58 cm dengan berat badan proporsional.

Ketiga Adalah Tahap Tes Performance Dengan User

Sebelum dilakukan tes performance, staf maskapai penerbangan tempat kita melamar akan memberi waktu grooming atau merapikan penampilan kira-kira 10 menit. Tes ini sendiri terdiri dari perkenalan diri menggunakan bahasa Inggris serta pengecekan kebersihan tubuh.

Postur tubuh juga akan dicek, begitu pula dengan cara berjalan menggunakan sepatu hak tinggi, cara tersenyum hingga pemakaian make up.

Tahap Tes Keempat Untuk Menjadi Pramugari Ialah Tahap Interview Dengan User

Interview ini digabung bersama tes performance. Setelah penampilan dinilai oleh user, maka interview atau wawancara akan dimulai. Pelamar akan ditanya-tanya seputar maskapai penerbangan. Interviewer pada tahap ini biasanya adalah pramugari senior dan mewajibkan pelamar untuk berbicara dalam bahasa Inggris.

Kelima Adalah Tahap Psikotest Serta Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Tes ini dilakukan keesokan harinya setelah interview. Psikotest bisa dibilang sama saja seperti psikotest saat melamar ke perusahaan-perusahaan negeri pada umumnya. Sementara soal-soal bahasa Inggris lebih terfokus pada grammar serta hal-hal terkait penerbangan.

Tahap Selanjutnya Adalah Pantuhir Alias Penentuan Akhir

Di tahap ini, para pelamar akan berdiri di depan direksi Lion Air. Pelamar akan dibagi per kelompok sebanyak lima orang dan mengantri masuk ke dalam ruangan yang diisi direksi Lion Air. Pelamar hanya diminta mengonfirmasi nama, tinggi serta berat badannya serta ditanya apakah pernah masuk rumah sakit atau tidak.

Terakhir Adalah Tes Medical Check Up atau MCU

Termasuk dalam tes ini adalah tes darah, tes urin, pendengaran, pernapasan, keseimbangan tangan, detak jantung dan tes mata.

Keseluruhan tahap ini memakan waktu proses selama 3 hari. Bagi yang tidak lolos akan ditelpon langsung oleh pihak maskapai penerbangan untuk memberi tahu hasil MCU bahwa ada yang harus diperbaiki lagi. Sementara pelamar yang lolos juga akan ditelepon lagi untuk jadwal sign contract secara bertahap.

Umumnya, jarak waktu antara MCU dengan telepon dari pihak maskapai ini adalah dua minggu. Jika lolos dan melakukan sign contract, maka hari itu juga pelamar akan masuk mess pramugari serta menjalani training selama beberapa bulan sebagai Initial Flight Attendant.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.