Pengertian Ticketing Dan Reservation

Pengertian Ticketing Dan Reservation

Pengertian Ticketing Dan Reservation

PENGERTIAN TICKETING DAN RESERVATION

Inilah Pengertian Ticketing Dan Reservation? Dunia penerbangan merupakan dunia yang menarik untuk diketahui. Sebagai salah satu dunia perhubungan di udara, dunia penerbangan tak lepas dari pesawat terbang dan para awak pesawat.

Jika dibandingkan dengan mereka yang terjun langsung di dunia penerbangan, masyarakat awan tidak terlalu paham akan istilah-istilah asing yang terdapat di dunia penerbangan.

Masyarakat lebih mementingkan pelayanan apa saja yang dapat mereka dapatkan selama menggunakan layanan transportasi udara tersebut. Istilah yang terdapat di dunia penerbangan bukan menjadi informasi penting yang mereka butuhkan.

Dari sekian banyak istilah yang ada di dunia penerbangan, ticketing dan reservation merupakan istilah asing yang didengar oleh masyarakat umum. Pengertian dari kedua istilah tersebut akan mereka ketahui jika mereka memiliki keperluan khusus yang berkaitan dengan istilah-istilah tersebut.

Ticketing sendiri merupakan dokumen yang berisikan dengan perjanjian kontrak yang terjalin antara penumpang dengan sebuah perusahaan penerbangan. Perjanjian tersebut berisikan perjanjian yang sebelumnya telah disepakati secara bersama-sama.

Pengertian Reservation

Sedangkan pengertian reservation adalah permintaan penumpang kepada maskapai penerbangan untuk menyediakan tempat duduk, ruang dan akomodasi untuk barang yang diangkut oleh penumpang. Reservation sendiri memiliki dampak positif bagi penumpang dan maskapai penerbangan.

Bagi penumpang, reservation dapat bermanfaat dalam efisiensi waktu, memiliki kepastian untuk melakukan penerbangan dan memiliki kemudahan dalam mengatur jadwal serta keperluan sebelum melakukan penerbangan.

Sedangkan untuk maskapai penerbangan, reservation dapat digunakan dalam memberikan pelayanan secara maksimal kepada para pengguna jasa maskapai penerbangan. Selain itu, reservation juga dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan penjualan tiket dan meningkatkan jumlah produksi jasa yang diberikan kepada penumpang.

Selain memiliki manfaat bagi penumpang dan maskapai penerbangan, reservation juga memiliki tujuan yang sangat penting. Berikut merupakan tujuan dilakukannya reservation:

Penyediaan Tempat

Di dalam penyediaan tempat ini, maskapai penerbangan harus mengawasi seat yang terdapat di pesawat dan melakukan pembukuan dengan baik ketika terdapat pembatalan yang dilakukan oleh penumpang.

Permintaan Khusus

Di fase ini, reservation bertujuan untuk meneruskan permintaan para penumpang kepada pihak-pihak yang bersangkutan.

Penjualan

Maskapai penerbangan dapat menyarankan kepada penumpang untuk melakukan perubahan penerbangan jika diperlukan. Membuat rencana secara matang yang ditujukan di masa depan, melakukan revenue setinggi-tingginya dan memberikan laporan pada bagian penjualan merupakan tujuan dari reservation.

Selain hal-hal yang berkaitan dengan istilah reservation tersebut, masih banyak istilah yang terdapat di dalam istilah ticketing. Istilah ticketing bahkan memiliki istilah yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan istilah yang terdapat pada reservation.

Meskipun merupakan istilah yang asing didengar, dengan mengetahui pengertian dari istilah tersebut penumpang dapat menggunakan jasa penerbangan dengan lebih bebas. Berikut ini merupakan istilah yang kerap ditemui pada istilah ticketing:

Pengertian Tiket

Sebuah dokumen dalam bentuk cetak yang dapat dibuat dengan proses elektronik dan dapat digunakan sebagai alat bukti perjanjian antara maskapai penerbangan dengan calon penumpang pesawat. Tiket sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis, non endorse dan endorse tiket.

Non endorse merupakan jenus tiket yang tidak dapat diubah atau diganti penerbangannya. Sedangkan endorse tiket merupakan tiket yang dapat diubah penerbangannya. Tiket jenis ini merupakan jenis tiket yang biasa dipesan untuk melakukan penerbangan secara internasional.

Pengertian Refund

Kegiatan mengembalikan tiket tak terpakai dengan melihat kondisi dan penampilan dari tiket yang akan dikembalikan. Tiket dapat diganti dengan sebagin harga atau seluruh harga tiket.

Pengertian Reroute

Perubahan route sesuai dengan permintaan penumpang. Kegiatan route disesuaikan dengan kondisi tiket.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *