Pengertian Dekompresi Dalam Dunia Penerbangan Yang Perlu Anda Ketahui

Pengertian Dekompresi Dalam Dunia Penerbangan

Pengertian Dekompresi Dalam Dunia Penerbangan

PENGERTIAN DEKOMPRESI DALAM DUNIA PENERBANGAN

Pengertian Dekompresi Dalam Dunia Penerbangan, Pemberian tekanan udara di dalam kabin dimulai sesaat setelah pesawat lepas landas dan akan dikurangi secara bertahap saat pesawat mulai melakukan pendaratan.

Pemberian tekanan udara di kabin pesawat saat terbang ini menyebabkan terjadinya  perbedaan tekanan udara antara kabin dan luar pesawat saat terbang di ketinggian.

Kerusakan pada system yang mengatur tekanan udara di dalam pesawat dan kebocoran pada dinding maupun struktur pesawat, Hal ini dapat menyebabkan tekanan udara di dalam kabin berkurang atau hilang sama sekali.

Kebocoran pada dinding pesawat mengakibatkan tekanan di dalam kabin berusaha menyesuaikan dengan tekanan di luar pesawat sama halnya seperti pada sebuah balon yang bocor.

Sekolah Pramugari Terakreditasi

Sekolah Pramugari Terakreditasi

Hilang atau berkurangnya tekanan udara di dalam kabin menyebabkan ketinggian udara di dalam kabin atau cabin altitude yang sedianya telah dibuat hampir sama dengan daratan (sea level) di mana ketersediaan oksigen mencukupi bagi makhluk hidup untuk bernafas normal, terus bertambah menyamai ketinggian sebenarnya di luar pesawat.

Sehingga menyebabkan ketersediaan oksigen di dalam kabin terus berkurang mengakibatkan penumpang dan awak di dalam pesawat menjadi sulit untuk bernafas dan hal ini bisa berakibat fatal ( kematian ).


Pengertian Dekompresi Dalam Dunia Penerbangan

Peristiwa berkurang atau hilangnya tekanan di dalam kabin pesawat saat terbang dalam dunia penerbangan ini dikenal dengan sebutan Dekompresi Pesawat. Dekompresi dapat terjadi dengan sangat cepat “Rapid Decompression”. Atau perlahan “Slow Decompression”.


Rapid Decompression

Banyak faktor yang bisa menyebabkan Rapid decompression di dalam pesawat terbang dan biasanya ditandai oleh adanya beberapa hal sebagai beriktu:

  • Ledakan yang menyebabkan terkoyaknya struktur badan pesawat
  • Terbukanya pintu kargo pesawat yang tidak tertutup dengan sempurna
  • Adanya retakan pada dinding pesawat yang disebabkan oleh kelelahan metal (“metal fatigue”) akibat usia pesawat yang sudah tua
  • Dan lain sebagainya.

Pada saat Rapid Decompression terjadi semua barang yang tidak terikat dengan aman di dalam kabin akan beterbangan ke udara, seprti Tersedot keluar pesawat melalui bukaan (lubang) akibat ledakan yang terjadi di badan pesawat.

Ruang kabin menjadi berkabut, Juga terjadi nya asap dan berembun serta suhu udara menjadi sangat dingin. Kemudian, minuman berkarbonasi atau soda akan meledak dan air di dalam boiler atau botol-botol akan menggelegak dengan sendirinya serta smoke alarm di dalam toilet pesawat akan berdering keras memberikan peringatan akibat adanya asap di ruang kabin.


Slow Decompression

Slow Decompression biasanya disebabkan oleh adanya kebocoran kecil pada seal pintu atau jendela pesawat, kerusakan pada sistem tekanan kabin yang di kontrol langsung dari ruang kemudi (cockpit).

Karena terjadi secara perlahan, Slow decompression agak sulit untuk di deteksi secara dini, Slow decompression biasanya ditandai dengan perasaan letih yang terus bertambah.

Adanya suara berdengung di dalam telinga dan biasanya para perokok, orang tua dan awak kabin akan merasakan tanda-tanda tersebut terlebih dahulu dibandingkan penumpang biasa.


Cara Mengatasi Dekompresi Pesawat

Untuk menyelamatkan makhluk hidup yang ada di dalam kabin pada situasi seperti ini banyak yang harus dilakukan. Seperti masker oksigen akan keluar secara otomatis tepat dari atas kursi penumpang siap untuk dipergunakan agar penumpang bisa bernafas kembali dengan normal.

Selain itu para pilot  di ruang kemudi akan dengan cepat menukikkan pesawat turun menuju ketinggian aman di mana makhluk hidup bisa bernafas tanpa bantuan oksigen buatan yaitu sekitar 10.000 kaki di atas permukaan laut.

Tanpa sabuk pengaman, penumpang dan awak kabin bisa terlempar ke udara akibat tindakan penyelamatan dari para pilot ini, jadi patuhilah instruksi yang di berikan oleh para pramugari ya..


Informasi Sekolah Pramugari Terbaik di Indonesia

Sekolah Pramugari PSPP Penerbangan Merupakan Temapt Pendidikan Pramugari Terbaik di Indonesia Yang Sudah Mendapatkan Predikat Sebagai Sekolah Pramugari Dengan Akreditasi-A.

Untuk Bisa Mengikuti Pendidikan di PSPP Penerbangan Anda Harus Memenuhi Persyaratan Yang Sudah di Tentukan Yaitu Sebagai Beriktu:

  • Wanita
  • Sudah Lulus SMA / SMK / Sederajat
  • Usia 17 – 24 Tahun
  • Tinggi Badan Minimum 157 Cm
  • Sehat Jasmani & Rohani
  • Tidak Buta Warna & Hepatitis
  • Belum Menikah
  • Tidak Bertato

Hingga Saat Ini PSPP Penerbangan Masih Membuka Pendaftaran Untuk Siswa Baru, Segera Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga, Karena PSPP Menggunakan Sistem Kuota, Jadi Apabila Kuota Sudah Penuh Maka Pendaftaran Akan Segera Ditutup.

Untuk Infomasi & Pendaftaran Anda Bisa Menghugungi Pantia Pendaftaran Siswa Baru Yaitu Kak Deni Wa/Telp.081274351949.

Nah Itulah Pengertian Dekompresi Dalam Dunia Penerbangan Yang Harus Anda Pelajari Jika Ingin Menjadi Seorang Pramugari, Semoga Bermanfaat Yaa..


Sekolah Pramugari Indonesia

Sekolah Pramugari Indonesia

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.