Mengenal Jenjang Karir Seorang Pramugari

Mengenal Jenjang Karir Seorang Pramugari

Mengenal Jenjang Karir Seorang Pramugari

Jenjang karir seorang pramugari menjadi hal yang sangat penting dan banyak dinantikan karena berkaitan dengan kenaikan pangkat dan tentunya gaji yang didapatkan. Jenjang karir profesi ini bisa terbilang sedikit berbeda dibandingkan dengan jenjang karir pada pekerjaan lainnya. Setidaknya untuk bisa menjadi pramugari profesional, seorang pramugari diharuskan menguasai beberapa skill dan keahlian tertentu. Dalam penggolongan jenjang karir pun terdapat batas nyata yakni berupa perbedaan seragam yang dikenakan.

Tidak hanya itu saja, berkaitan dengan jenjang karir tentu pasti berkaitan pula dengan gaji yang akan diperoleh. Namun, perlu Anda ketahui bahwa untuk masing-masing maskapai penerbangan bisa jadi terdapat sedikit perbedaan mengenai jenjang karir seorang pramugari nya. Jenjang karir seorang pramugari juga biasanya sangat dipengaruhi oleh prestasi yang diraih selama bekerja. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dibahas mengenai jenjang karir pramugari secara umum.

Tingkatan Jenjang Karir Seorang Pramugari

Untuk menjadi seorang pramugari senior dibutuhkan beberapa tahapan maupun tingkatan yang harus dilaluinya. Tidak semudah yang dibayangkan, nyatanya untuk mencapai jenjang karir yang tinggi membutuhkan beberapa skill dan juga keahlian yang dijadikan sebagai dasar. Selain itu, seorang pramugari juga harus lolos berbagai tes evaluasi yang ditetapkan oleh pihak maskapai.

Berikut ini terdapat 4 tingkatan jenjang karir seorang pramugari berdasarkan warna seragam yang dikenakan untuk maskapai Garuda Indonesia. Bisa jadi untuk jenis maskapai lainnya terdapat perbedaan. Untuk itu berikut penjelasan lengkapnya.

jenjang karir seorang pramugari berdasarkan warna seragam

jenjang karir seorang pramugari berdasarkan warna seragam

1. Seragam Hijau Tosca

Jenjang karir pramugari yang pertama adalah pramugari junior. Ciri utama untuk seorang pramugari dikatakan masih junior adalah warna seragam yang dikenakan, yaitu berwarna hijau tosca.

2. Seragam Oranye

Naik lagi tingkatan seorang pramugari jika seragam yang dikenakan adalah oranye. Warna seragam oranye menyatakan bahwa seorang pramugari tersebut sudah senior. Secara umum kinerja dari seorang pramugari junior maupun senior tidak ada yang berbeda yakni sebagai pelaksana. Hal yang membedakan hanya tingkatan karir dan tentu saja gaji yang diperoleh. Untuk mencapai jenjang pada tingkatan ini seorang pramugari harus menjalani training terlebih dahulu.

3. Seragam Ungu Lyla

Selanjutnya jika Anda kebetulan pernah melihat seorang pramugari mengenakan seragam berwarna ungu lyla, ia merupakan seorang pramugari yang bertugas sebagai koordinator dari setiap kelas, seperti kelas bisnis, kelas ekonomi, maupun first class. Sama halnya dengan jenjang karir sebelumnya, untuk tingkatan ketiga atau disebut juga sebagai Maitre D’Cabin (MDC) juga membutuhkan training terlebih dahulu.

Jika dirasa sudah qualified sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan serta lolos tes, maka seorang prmugari bisa naik ke tingkatan ketiga. Pramugari pada tingkatan ini mendapat tugas sebagai pengisi suara di dalam pesawat.

4. Seragam Biru

Jenjang karir tertinggi bagi seorang pramugari adalah Flight Manager Service yang mengenakan seragam brewarna biru. Mempunyai tugas yang lebih berat, seorang pramugari di tingkatan tersebut mendapat kepercayaan penuh dari seorang pilot. Disamping itu, pramugari dalam tingkatan ini juga mendapat bekal ilmu lainnya yaitu keperawatan.

Sehingga ketika ada penumpang yang sakit, maka seorang flight manager service harus bisa menentukan tindakan. Tugasnya adalah mengawasi setiap kinerja dari seluruh awak kabin. Untuk mencapai jenjang tersebut membutuhkan kinerja lebih dan kualifikasi yang tinggi pula.

Nah itu dia jenjang karir seorang pramugari yang bisa dijadikan referensi. Untuk meraihnya sebaiknya Anda membekali diri dengan kemampuan yang memadai melalui FAAST Penerbangan yang dikenal sebagai  sekolah pramugari terbaik di Indonesia. Dengan bekal ilmu dan ketrampilan selama masa pendidikan Anda bisa merencanakan masa depan yang jauh lebih baik.

Untuk mendapatkan info lebih lanjut Anda bisa memperbanyak referensi sumber lainnya mengenai jenjang karir seorang pramugari dan semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Berita Terkait:

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp