Adakah Maskapai Penerbangan Yang Mengizinkan Pramugarinya Berhijab

Adakah Maskapai Penerbangan Yang Mengizinkan Pramugarinya Berhijab

Adakah Maskapai Penerbangan Yang Mengizinkan Pramugarinya Berhijab

ADAKAH MASKAPAI PENERBANGAN YANG MENGIZINKAN PRAMUGARI BERHIJAB

Adakah Maskapai Penerbangan Yang Mengizinkan Pramugarinya Berhijab, Ada lebih dari 50 maskapai penerbangan yang beroperasi di Indonesia tapi mungkin masih jarang kita melihat maskapai yang membolehkan pramugari berhijab.

Namun zaman yang semakin maju menuntut semua hal menjadi lebih praktis, tak terkecuali dalam hal beribadah, Meski masih sedikit maskapai penerbangan yang mengizinkan pramugarinya berhijab, namun hal ini mengisyaratkan bahwa bekerja sambil beribadah bukan hal yang mustahil untuk dijalankan bersamaan.


Inilah Maskapai Penerbangan Yang Mengizinkan Pramugarinya Berhijab

Mungkin masih banyak diantara calon penumpang pesawat yang belum mengetahui ada maskapai yang membolehkan pramugari berhijab, bahkan sejak maskapai tersebut beroperasi. Maskapai penerbangan yang dimaksud adalah NAM Air dan Sriwijaya Air.

NAM Air adalah maskapai penerbangan di bawah kepemilikan yang sama dengan Sriwijaya Air, Maskapai yang berdiri dan mulai terbang tahun 2013 ini memiliki tak kurang dari 50 orang pramugari dimana 30% diantaranya mengenakan hijab saat bertugas. Jadi bisa dibilang NAM Air adalah maskapai penerbangan pertama di Indonesia yang memberi kebebasan kepada pramugarinya untuk berhijab.

Maskapai yang membolehkan pramugari berhijab berikutnya yaitu Sriwijaya Air, Maskapai penerbangan ini baru mengizinkan pramugarinya mengenakan hijab 3 tahun setelah NAM Air menerapkan hal tersebut.

Sriwijaya Air sendiri menilai penambahan hijab yang dikenakan pramugarinya tidak mempengaruhi aspek safety sehingga tugas dan kewajiban yang dijalankan tidak akan terganggu.

Langkah Sriwijaya Air yang mengizinkan pramugarinya berhijab menuai respon positif dari semua kalangan, Apalagi kini berdoa bersama sudah menjadi agenda rutin sesaat sebelum pesawat mengudara.

Sekolah Pramugari Terakreditasi

Sekolah Pramugari Terakreditasi

Hal ini membuktikan bahwa Sriwijaya Air juga memprioritaskan ibadah untuk meminta perlindungan kepada Tuhan agar selamat sampai tempat tujuan.

Berbeda dari pramugari NAM Air yang mengenakan seragam hijab dominasi biru muda, seragam hijab Sriwijaya Air cenderung didominasi warna-warna cerah.


Maskapai Penerbangan Yang Mengizinkan Pramugari Berhijab Lainnya

  1. Saudia Arabian Airlines
    Sesuai dengan namanya, maskapai asal Saudi Arabia mengizinkan awak kabinnya berhijab, Seragam yang digunakan juga benar-benar tertutup yang dilengkapi dengan headscraft untuk menutupi telinga dan rambut layaknya wanita muslimah.


  2. Meraj Airlines
    Salah satu maskapai penerbangan asal Iran ini juga memperbolehkan para awak kabinnya untuk mengenakan hijab ketika bekerja. Seragam yang dikenakan berwarna biru dan merah, yang dipadukan dengan pita merah dibagian leher.


  3. Royal Brunei Airlines
    Maskapai penerbangan asal Brunei Darussalam ini memiliki seragam berwarna biru dan pink salmon, dengan hijab warna senada untuk para pramugari yang berhijab. Juga dipadukan dengan topi berwarna sama.


  4. Rayani Airlines
    Dahulu Rayani Airlines merupakan maskapai pertama di Malaysia yang menerapkan peraturan berbasis Syariah kepada para awak kabinnya. Dengan pramugarinya yang wajib mengenakan hijab, makanan yang disajikan pun tentunya halal.

Sekian Informasi Tentang Adakah Maskapai Penerbangan Yang Mengizinkan Pramugarinya Berhijab, Semoga Bermanfaat..

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.