Cara Mendapatkan Lisensi STKP Untuk Personil Keamanan Bandara

Cara Mendapatkan Lisensi STKP Untuk Personil Keamanan Bandara

Cara Mendapatkan Lisensi STKP Untuk Personil Keamanan Bandara

CARA MENDAPATKAN LISENSI STKP UNTUK PERSONIL KEAMANAN BANDARA

Cara Mendapatkan Lisensi STKP Untuk Personil Keamanan Bandara, Bandara merupakan tempat umum yang sangat rawan dalam hal keamanan, karena tempat umum ini sebagai lalu lintas orang dari luar negeri kedalam negeriĀ  maupun dari dalam ke luar negeri.

Maka tidak heran sering kita jumpai aktifitas sebelum kita terbang barang- barang kita akan digeladah terlebih dahulu, ditakutkan ada hal- hal yang tidak diinginkan yang berbahaya dan mengancam keselamatan orang- orang dibandara. Orang yang menggeladah dan memastikan aman biasa kita sebut sebagai polisi bandara.

Untuk menjadi polisi bandara tidak sembarang orang bisa masuk kedalamnya, anda harus memiliki lisensi resmi yaitu STKP AVSEC, merupakan berasal dari 2 singkatan Aviation Security yang artinya keamanan penerbangan.

Tanpa adanya lisensi maka seseorang tidak akan bisa masuk untuk menggeladah dan memastikan keamanan bandara. Walaupun dikenal sebagai polisi bandara, mereka juga harus ramah dan tegas terhadap pengunjung atau penumpang. Petugas ini harus benar- benar memastikan bahwa orang yang masuk kedalam bandara benar- benar aman.

Dari penjelasan diatas maka dapat kita ketahui bahwa orang yang sudah memiliki lisensi STKP merupakan orang yang harus bertanggung jawab atas keamanan dan keselamatan penerbangan dan bandara.

Lisensi STKP sendiri merupakan singkatan dari Surat Tanda Kecakapan Personel, untuk mendapatkan STKP ini maka anda harus mengikuti pendidikan dan pelatihan di sekolah penerbangan untuk mendapatkan lisensi.

Cara Mendapatkan Lisensi AVSEC Bandara

Tidak semua sekolah penerbangan atau akademik mengeluarkan lisensi ini, oleh sebab itu jika anda menginginkan lisensi ini maka harus mengikuti pelatihan di sekolah yang resmi.

Didalam pelatihan tersebut maka anda akan belajar tentang berbagai hal, seperti mengenal peralatan security seperti WTMD, X- Ray, HHMD, dangerous goods, Explosive detective, dan alat lainnya.

Jika anda tertarik dengan pekerjaan ini maka anda harus merogoh tidak sedikit uang, paling tidak anda harus menyediakan 25 juta.

Dengan uang ini maka anda bisa mengikuti sekolah hingga lulus, ada banyak fasilitas yang akan anda dapatkan, biasanya anda akan mendapatkan berupa pakaian seragam, tas, t-shirt, wing, ID Card, ravel bag, asuransi jiwa, modul belajar, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk mendaftar menjadi polisi bandara, anda harus memenuhi persyarata khusus seperti :

  • Pria maupun wanita diperbolehkan
  • Wanita minimal tinggi 160 cm, pria minimal tinggi 165 cm
  • Memiliki ijazah minimal SMA sederajat
  • Maksimal umur 27 tahun
  • Bebas dari hepatitis
  • Tidak buta warna
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak pernah mengalami patah tulang
  • Tidak pernah mengkonsumsi obat- obatan terlarang seperti narkoba
  • Belum pernah menikah
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang bagus
  • Memiliki penampilan menarik dan berat badan yang ideal
  • Tidak memiliki tato permanen

Jika memenuhi syarat tersebut maka anda bisa memulai pelatihan dan mendapatkan lisensi, dan untuk pendidikan didalamnya terbagi menjadi dua bagian.

Pertama adalah pendidikan dan pelatihan bagi personal Avsec, diantaranya meliputi basic avsec, junior avsec, dan senior avsec. Dan yang kedua adalah pendidikan dan pelatihan lanjutan untuk personal Avsec, didalamnya meliputi antara lain avsec management, critis management, quality control, instruction, risk management, inspector, negotiation, human factor, investigator, profiling, dan lain sebagainya.

Dengan adanya penjelasan diatas maka kita tahu bahwa personil kemanan dibandara bukanlah sembarang orang, mereka berbeda dengan kemanan lainnya. karena kemanan di bandara tidak bisa sembarang orang, namun harus memiliki lisensi yang dibayar dengan mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *