Apakah Menjadi Pramugari Ada Tes Keperawanan

Apakah Menjadi Pramugari Ada Tes Keperawanan

Apakah Menjadi Pramugari Ada Tes Keperawanan

Menjadi seorang pramugari adalah salah satu cita-cita yang banyak diinginkan oleh banyak wanita. Apabila menjadi seorang pramugari, tentunya wanita tersebut otomatis akan memiliki penampilan yang menarik serta sikap yang ramah. Gaji yang diberikan pun termasuk besar, memiliki skill tentang pelayanan dan keselamatan, serta berkesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat yang termasuk jauh. Ada beberapa tes yang harus dijalani oleh seorang calon pramugari, tes tersebut berguna untuk memastikan pelamar yang memenuhi kriteria seorang pramugari. Akan tetapi, ada pertanyaan yang sering muncul di masyarakat yaitu apakah menjadi pramugari ada tes keperawanan yang dilakukan? Pertanyaan ini perlu diluruskan supaya tidak menimbulkan persepsi macam-macam di masyarakat yang pada akhirnya justru mengurungkan orang-orang yang potensial untuk menjadi pramugari.

Persyaratan Apa Saja yang Diperlukan? Apakah Termasuk Tes Keperawanan?

Pelaksanaan tes pada saat rekrutmen memang perlu dilakukan untuk memastikan bahwa calon pramugari sesuai dengan kriteria seorang pramugari dan kualifikasi yang ditetapkan maskapai penerbangan. Kualifikasi dan persyaratan tersebut banyak, sehingga tes yang dibutuhkan juga cukup banyak. Namun, tes ini tidaklah terlalu sulit, tidak tabu untuk dilakukan, dan tidak ada tes keperawanan seperti yang sering dipertanyakan. Berikut adalah beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi oleh calon pelamar sebagai pramugari di suatu maskapai penerbangan.

  1. Tinggi Badan

Parameter fisik yang satu ini dibutuhkan untuk menjadi seorang pramugari berbeda-beda pada tiap maskapai penerbangan. Namun, tinggi badan yang diperlukan untuk menjadi seorang pramugari biasanya hanya berkisar 158 sampai 160 cm saja. Tinggi badan ini diperlukan juga untuk pekerjaan, seperti membantu mengecek bagasi atas pada pesawat, atau memperagakan instruksi keselamatan. Hal-hal teknis seperti itulah yang diperlukan sehingga sang pramugari perlu memiliki tinggi yang ideal supaya lancar dalam melakukan pekerjaannya.

  1. Usia

Umur menjadi salah satu hal yang juga menjadi persyaratan untuk menjadi seorang pramugari. Batas umur yang ditetapkan oleh suatu maskapai penerbangan biasanya minimal 18 tahun dan maksimal 23 tahun. Minimal 18 tahun adalah batas bawah mengingat tidak boleh mempekerjakan tenaga kerja di bawah umur, yang mana hal tersebut diatur oleh undang-undang.

  1. Pendidikan

Untuk menjadi seorang pramugari juga diperlukan ijazah dengan minimal pendidikan. pendidikan yang telah ditempuh oleh seorang pramugari setidaknya setingkat SMA atau sederajat. Oleh karena itu, bagi lulusan SMP belum bisa melamar sebagai pramugari. Tidak ada batas atas untuk pendidikan bagi calon pramugari.

  1. Status Pernikahan

Poin inilah yang sering disalahartikan oleh masyarakat. Pertanyaan apakah menjadi pramugari ada tes keperawanan biasanya muncul dari gagal paham tentang persyaratan ini. Syarat untuk menjadi pramugari adalah belum pernah menikah, dan dibuktikan dengan surat pernyataan dari kelurahan tempat tinggal pelamar. Hal ini bukan berarti dibuktikan dengan lolos tes keperawanan. Sehingga, tidak perlu tes keperawanan, karena dalam proses rekrutmen yang lebih ditekankan adalah dari segi moral.

  1. Kesehatan

Pada poin ini termasuk cukup banyak hal yang diukur dan terangkum pada medical check up. Tes kesehatan yang akan dijalani calon pramugari diantaranya adalah EKG, mata, urin, darah, rontgen paru-paru, gigi, tulang, hingga spirometri. Persyaratan ini diperlukan karena untuk menjadi pramugari tentunya dibutuhkan fisik yang prima saat bekerja.

INFO  Syarat Kelayakan Menjadi Pramugari

Berikut adalah syarat dan tes yang diperlukan untuk menjadi seorang pramugari. Pertanyaan apakah menjadi pramugari ada tes keperawanan atau tidak? Jawabannya tidak. Hal tersebut cukup dibuktikan dengan surat pernyataan belum pernah menikah dari kelurahan setempat, tidak perlu dengan tes keperawanan.

Berita Terkait:

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp