Apakah Mata Minus Dapat Menjadi Pramugari Udara?

Apakah Mata Minus Dapat Menjadi Pramugari Udara

Apakah Mata Minus Dapat Menjadi Pramugari Udara

Apakah mata minus dapat menjadi pramugari? Percaya atau tidak, pada dasarnya perusahaan maskapai penerbangan tidak memperbolehkan awak kabin atau pramugarinya bermata minus. Alasannya adalah mata minus akan sangat mengganggu kinerja sewaktu bertugas di lapangan.

Persyaratan umum untuk menjadi seorang pramugari diturunkan dari peraturan perusahaan yang menjadi pedoman perekrutan. Menurut Pasal 109 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2013 yaitu Tentang Ketenagakerjaan, peraturan perusahaan dibuat oleh dan menjadi sebuah tanggung jawab pengusaha.

Selanjutnya, dalam Pasal 110 ayat 1 undang-undang tersebut disebutkan pula bahwa peraturan perusahaan harus disusun yaitu dengan mempertimbangkan masukan dari perwakilan pekerja. Memang masukan dari perwakilan pekerja selalu dipertimbangkan namun pengusaha selaku pihak yang memegang mutlak bisnis bersangkutan berhak untuk menentukan pertimbangannya sendiri. Jadi, pertimbangan dari perwakilan pekerja dapat tidak dimasukkan ke dalam peraturan sebuah perusahaan.

Benarkah Mata Minus Dapat Menjadi Pramugari?

Jika ditelusuri lebih lanjut ada beberapa hal yang kiranya menjadi suatu alasan mengapa seorang pramugari tidak diperbolehkan bermata minus.

  • Alasan yang pertama adalah pramugari harus bertanggung jawab penuh atas semua. Substansi di dalam kabin, terutama yaitu makanan, minuman, dan juga obat-obatan.
  • Alasan kedua adalah pramugari yaitu bertanggung jawab terhadap pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).
  • Alasan ketiga adalah pramugari harus bertanggung jawab dalam penanganan kondisi gawat darurat.

Mata yang minus tentunya akan sangat mengganggu kinerja dalam situasi-situasi seperti ini, terutama ketika kacamata atau softlens tidak berfungsi dengan sangat baik. Pemakaian kacamata atau softlens dalam jangka panjang pun dapat menyebabkan beberapa gangguan penglihatan. Hasilnya kinerja pramugari pun menjadi terganggu.

Memperhatikan penjelasan di atas tadi, pemberlakuan larangan bermata minus bagi seorang pramugari sepintas dianggap bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2013 yaitu Tentang Ketenagakerjaan terutama Pasal 5 dan Pasal 6 yang menyatakan kesetaraan hak untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Namun, berdasarkan alasan yang kuat di atas, tentunya keputusan pengusaha, dalam kasus ini yaitu pemilik maskapai, memberlakukan larangan bermata minus bisa saja dibenarkan.

Dengan dasar yang sama, pemilik maskapai dapat mengabaikan masukan dari serikat pekerja demi kebaikan semua pihak. Dengan kata lainnya keputusan pengusaha itu tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang telah berlaku. Terlepas dari polemik ini, ada sedikit kabar gembira bagi para pembaca yang matanya minus namun ingin menjadi seorang pramugari.

Persyaratan untuk Menjadi Pramugari

Ada salah satu maskapai terbesar di Indonesia, yaitu Garuda Indonesia, memiliki persyaratan yang berbeda dalam merekrut seorang pramugari.

Adapun persyaratan tersebut adalah sebagai berikut ini :

  • Wanita
  • Berkewarganegaraan Indonesia
  • Belum pernah menikah
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Berusia minimal yaitu 18 tahun dan maksimal 27 tahun atau 33 tahun (bagi yang sudah berpengalaman sebagai seorang pramugari)
  • Berlatar belakang pendidikan yaitu minimal SMA/SMK/D3/sederajat (diutamakan untuk yang berpendidikan D3 ke atas)
  • Memiliki tinggi badan yaitu minimal 158 cm dan maksimal 172 cm
  • Memiliki berat badan yang ideal dan postur tubuh proporsional
  • Tidak berkacamata dan tidak buta warna
  • Diperkenankan menggunakan kontak lensa dengan ambang batas yaitu maksimal minus -3.00 dan slindris C-100
  • Memiliki kemampuan untuk berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya secara lisan dan tulisan

Jadi, masih terbuka kesempatan bagi Anda para pendaftar yang memiliki mata yang minus. Kesempatan yang sama terbuka lebar bagi pramugari yang bermata minus namun sangat berbakat dan juga berkualitas. Bisa saja Anda akan diterima menjadi seorang Pramugari walaupun mempunyai mata yang minus.

Anda tertarik untuk menjadi pramugari? FAAST Penerbangan sebagai lembaga pendidikan khusus penerbangan memberikan kesempatan buat Anda lulusan SMA/SMK untuk mengikuti pendidikan khusus pramugari. Sekolah penerbangan terbaik di Indonesia ini diketahui telah mencetak banyak lulusan yang saat ini telah bekerja di berbagai perusahaan maskapai.

Itulah tadi jawaban dari pertanyaan tentang apakah mata minus dapat menjadi pramugari yang semoga memberikan jawaban yang memuaskan.

Berita Terkait:

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp