Apakah Bisa Menjadi STAFF Penerbangan Tanpa Sekolah Penerbangan

Apakah Bisa Menjadi STAFF Penerbangan Tanpa Sekolah Penerbangan

Apakah Bisa Menjadi STAFF Penerbangan Tanpa Sekolah Penerbangan

Apakah anda pernah bepergian keluar kota atau luar negeri dengan menggunakan alat transportasi udara? Jika ia maka anda pastilah pernah mendapatkan pelayanan ketika selama menggunakan jasa kendaraan umum ini.

Staff yang memberikan pelayanan ini ada yang bertugas selama di bandara, seperti mengecek barang, menunjukan arah, boarding dan lain sebagainya. Sedangkan untuk yang bertugas di atas pesawat seperti membantu penumpang menemukan seatnya, memandu atau memberikan instruksi apabila terjadi sesuatu di atas pesawat dan lain sebagainya. Kemudian pertanyaan yang baru muncul. Apa si itu staff penerbangan? Ia adalah anggota atau orang yang bertugas di bandara untuk para penumpang baik memberikan pelayanan saat sebelum maupun setelah penerbangan.

Bagaimana Menjadi Staff Penerbangan

Untuk dapat memulai karir di dunia penerbangan tentulah terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Syarat ini tergantung pada bagian apa anda ditempatkan dan juga keahlian yang anda punya. Jika anda memiliki skill yang bagus maka anda akan mendapat jabatan yang lebih tinggi tentunya.

Hal yang paling mendasar ialah anda harus sehat secara jasmani dan rohani. Karena bisa saja anda ditempatkan pada posisi yang menuntut anda untuk memiliki jadwal terbang yang padat. Oleh karena itu anda harus bersih dari berbagai penyakit terutama yang berhubungan dengan organ vital seperti jantung, ginjal dan lain sebagianya.

Kemudian syarat mendasar yang lainya adalah penampilan dan tinggi badan. Untuk anda yang memang ingin bekerja di bidang ini, alangkah baiknya untuk mengukur tinggi badan anda terlebih dahulu. Kriteria tinggi badan yang masuk pada kualifikasi minimum 160 cm dengan berat badan proporsional tentunya.

Yang tak kalah penting untuk anda ketahui adalah, dalam berkarir di dunia ini sebisa mungkin penampilan anda harus terlihat rapih dan menarik serta ramah. Namun demikian menjadi seorang staff di penerbangan bukanlah model atau bintang film, jadi anda tidak perlu dandan berlebihan atau mengikuti gaya trend korea dan lain sebagainya.

Adapun syarat syarat yang lainya seperti mengharuskan single atau belum menikah, tidak memiliki penyakit hepatitis dan juga buta warna. Seorang staff penerbangan juga harus menguasai ilmu komunikasi. Artinya dia bisa memiliki keterampilan dalam berkomunikasi.

Apabila anda memiliki keahlian dalam berbahasa asing, ini akan menjadi point plus yang mendukung jenjang karir anda.

Perlukah Mengenyam Pendidikan Penerbangan ?

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah “ya”, untuk menjaga kinerja dan juga profesionalitas dalam merektrut staff penerbangan biasanya mengharuskan untuk para pelamar telah memiliki pendidikan dibidang staff penerbangan. Dan secara akademis dibidang akademik dan bahasa Inggris.

Hal yang perlu anda waspadai saat ingin mengajukan diri sebagai staff penerbangan ialah saat interview. Pada sesi ini para pelamar diharuskan untuk berhati- hati, karena apabila mereka salah dan tidak atau malah over percaya diri maka anda akan langsung masuk daftar blacklist.

Yang terakhir adalah, untuk bisa survive di dalam bidang ini, pahami betul apa saja yang berkaitan dengan dunia ini, mulai dari tugas, tanggungjawab, cakupan atau ruang lingkup dan juga resiko supaya nantinya anda bisa menyuguhkan kualitas diri yang prima dan mempesona.

Untuk itulah perlu adanya pendidikan khusus bidang ini yang akan membantu anda dalam memperdalam dan mengetahui apa saja yang perlu anda ketahui, lakukan dan bagaimana konsekuensi yang akan anda dapat apabla menjadi staff penerbangan.

Berita Terkait:

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp